Sabtu, 02 Mei 2020

Belajar, belajar dan belajar menulis setiap hari


MATERI 2
Diklat Belajar Menulis

Belajar, belajar dan belajar menulis setiap hari
Rabu, 29 April 2020
Dr. Uswadin, M.Pd.
Tim Pengembang Labschool UNJ




Peresume : Abd. Karim
Karimhomebase.blogspot.com

Puji syukur Alhamdulillah Hari kedua pelatihan online Belajar Menulis  bersama OM JAY  semakin menambah MOOD untuk terus melangkah menggerakan jari jari ini untuk merangkai kata kata menjadi paragraf paragraf  yang mempunyai makna yang sedikit akan bermanfaat bagi yang membaca paling tidak bagi penulis sendiri untuk terus melatih instink menulis.
Hari kedua sangat menarik  yang dibicarakan dan diskusikan yaitu Belajar, belajar, belajar Menulis setiap hari. Saya teringat suatu saat Kepala Sekolah kami yang baru pada suatu kesempatan di awal awal kepemimpinan di sekolah kami untuk menjadikan sebuah program sekolah akan terlaksana dengan baik maka harus ada motto DIPAKSA, TERBIASA, DAN MENJADI BUDAYA. Sebuah Motto yang hampir sama dan cukup relevan dengan judul pelatihan pada hari ini, Menulis harus dipaksa untuk sedikit demi sedikit secara terus menerus untuk menjadi terbiasa, sebuah kebiasaan yang terus menerus akan menghasilkan budaya.
Ada Beberapa TRIKS  yang di sampaikan DR. Uswadin M.Pd. yang sudah malang melintang di didunia tulis menulis, bahwa menulis sangat memerlukan ketrampilan dan pembiasaan, apa yang latih dan apa yang harus di biasakan…? Ini triks triks yag di sampaikan beliau :
1.    Mengalahkan diri sendiri mengatasi kemalasan.
Suatu hal yang mudah diucapkan tapi luarbiasa sulit untuk direalisasikan, mengalahkan orang lain, memberikan wejangan orang lain, memberikan support orang lain kadang lebih mudah dari pada mengalahkan diri sendiri, memberikan wejangan pada diri sendiri, dan mensupport diri sendiri. Memang faktor internal lebih sulit dari pada factor eksternal. Ini adalah kunci dalam menulis bahwa rasa malas, rasa bahwa menulis tidak penting, merasa tidak punya bakat, itu selalu menghantui diri kita ketika akan memulai belajar menulis. Jika kita bisa melalui dan mengalahkan diri kita sendiri maka kita bisa melalui tahap awal untuk bisa mulia menulis.

2.    Menghilangkan tidak perdiri merasa tulisan kita tidak bagus dan tidak bermana, merasa tulisan tidak bagus dan tidak berbobot.
Suatu yang mesti terjadi bagi seorang yang mau belajar apa saja, sifat ini mesti timbul dan muncul dibenak kita, apa yang kita lakukan itu tidak ada bagus tidak sempurna, begitu juga dalam belajar menulis akan muncul dalam benak kita suatu perasaan apa yang kita tulis itu tidak bagus, kurang berbobot “ecek ecek kata orang jawa. Ini yang akan menurunkan semangat dan akan menghentikan langkah kita untuk terus belajar dan belajar dalam menulis. Biarlah tulisan kita apa adanya, biarlah tulisan kita banyak kelemahan dan kurang menarik tapi proses belajar harus terus kita lakukan sambil mencari referensi referensi yang lain bisa membuat tulisan kita menarik dan berbobot. Semua butuh proses bukan BIM SALABIM.
3.    Menyiapkan  waktu menulis
Waktu sangat berharga dan bernakna bagi yang mengetahuinya, memanfaatkan waktu untuk sesuatu hal yang penting harus kita lakukan di sela sela kesibukan kita. Termasuk meluangkan waktu khusus untuk konsentrasi dan membangun MOOD untuk mulai menulis, waktu senggang dan baik setiap orang berbeda beda ada yang baik dan dan senggang waktu siang, ada yang senggang di waktu sore, ada yang senggang di waktu malam. Semua tergantung dari aktifitas masing masing mana yang pas dan enak untuk menulis.
4.    Tanggap dan siap Menangkap Ide.
Sebuah langkah besar atau kecil dalam bertindak pasti diawali dengan ide, begitu juga dalam hal menulis, menulis diawali dengan adanya munculnya ide di benak pemikiran kita, munculnya ide tidak mengenal waktu dan tempat, sewaktu sewaktu ide itu muncul maka dengan kondisi itu kita harus siap menangkap ide yang muncul di benak kita itu dengan mencatat apakah mencatat di HP,  Laptop atau tulisan atau coretan coretan dikertas seadanya yang ada pada waktu itu yang akan dikembangkan lagi menjadi paragraf paragaf tulisan yang lebih sempurna dan lengkap. Kesiapan mencatat ide ini sangat penting jika tidak mau kehilangan ide yang baik yang akan muncul tidak mengenal tempat dan waktu itu.
5.    Berani memulai tidak menunggu sempurna tulisan yang kita buat
Berani memulai  suatu kalimat yang luar biasa jika bisa menjalankan di bidang pekerjaan apapun,  untuk mencoba dan terus memulai untuk mencoba. Walaupun di awalnya banyak sekali kendala tapi langkah awal sangat menentukan untuk langkah langkah berikutnya, menulis harus berani untuk memulai tidak boleh ragu ragu, dan yakin suatu saat akan menghasilkan tulisan yang bagus dan berbobot. Dalam terminology agama ada motto yang ada dalam surat Al_Alaq “ MEMBACA, MEMBACA DAN MEMBACA” Maka itu sangat rekevan untuk ditindak lanjuti dengan MOTTO “MENULIS, MENULIS DAN MENULIS”

Tidak ada komentar: