Kamis, 07 Mei 2020

Pengalaman Menulis buku di Penerbit Major


Pengalaman Menulis  buku di Penerbit Major
Nara Sumber : Ukim Komarudin M.Pd
 



Peresume : Abd. Karim
Karimhomebase.blogspot.com

Suatu menarik paparan Pak ukim mengawali presentasi di group WA dengan menyapa semua peserta dan menanyakan kesehatan bapak ibu peserta, tidak lupa beliau menyampaikan dengan kerendahan hati bahwa beliau bukan ahli dalam menulis tetapi beliau berharap apa yang nanti di sampaikan bisa bermanfaat bagi peserta semua.
Perjalanan Pak ukim menulis sebuah karya dipenuhi dengan keberagaman pengalaman yang luar biasa yang bisa dibuat acuan untuk terus semangat belajar menulis, Proses menulis beliau dilakukan dengan menulis apa saja dan topic apa saja yang penting adalah menulis apakah itu  tulisan non fiksi ataupun fiksi semua beliau coba tuangkan dalam bentuk tulisan dan beliau tidak berharap banyak bahwa apa yang beliau tulis dapat diterbitkan penerbit Mayor, ketika proses penulisan yang sudah lama dan menghasilkan banyak tulisan mulai ada yang melirik untuk membaca karya karya beliau mulai dari teman teman guru yang sering berkunjung dan bertemu beliau dan membaca karya beliau. Sering dari teman beliau menyampaikan bahwa tulisan Pak ukim bagus, tulisannya enak di baca, tulisan pak ukim mempunyai kekuatan tersensendiri sehingga pambaca terbawa laur ingin terus membaca mengikuti  cerita yang di tulis pak Ukim.
Dengan berbekal penilaian teman yang jujur tersebut pak ukim mulai ingin menerbitkan karya tulisannya mulai dengan menerbitkan buku secara Kroyokan dengan teman teman sejawat, kemudian di lanjutkan menerbitkan buku secara probadi, Tulisan buku pertama yang beliau terbitkan adalah Menghimpun yang berserakan  suatu karya tulis yang berisikan tulisan pengalaman teman guru Hebat yg berinteraksi dengan Siswa cerdas. Dengan nekat beliau menawarkan buku karya beliau yang berjudul menghimpun yang beserakan dan Gayung bersambut setelah mengalami proses verifikasi dan observasi tulisan, pak di panggil untuk audien dengan penerbit bahwa buku pak ukim layak diterbitkan tetapi ada  beberapa hal yang harus di edit oleh penerbit untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar pembaca. Mengingat sebagai penulis pemula masih banyak sana sini yang harus di benahi.
Dalam proses audiensi itu ada sesuatu yang sebenarnya menggugah rasa idealisme pak ukim sebagai penulis,  banyak hal yang dihilangkan dari tulisan pak ukim yang sebanarnya merupakan bentuk idealisme pak ukim dalam menulis, sehingga ada rasa kecewa dari pak ukim kepada penerbit dan sempat sedikit Down, namun beliau tidak putus asa, dan berkonsultasi kepada sahabat sahabat yang sudah lama menjadi penulis. Untungnya sahabat sahabat beliau memberikan pencerahan yang luar biasa sehingga pak Ukim mendapatkan suntikan semangat baru bahwa itu juga sering dialami oleh penulis penulis pemula. Karena penerbit mempunyai TIM yang mempunyai pengalaman, bagaimana menerbitkan buku yang layak di pasarkan dan nantinya kan menjadi buku laris di pasaran.
Proses Editing pun selesai dan Pak ukim menerima DAMI yaitu contoh buku secara riil yang nantinya akan diterbitkan, luar biasa gembiara pak ukim. Beberapa bulan kemudian beliau menerima buku cetak  buku perdana yang khusus diberikan penerbit kepada penulis dengan tulisan tidak di perjualbelikan. Dan ketika disodori kontrak beliau langsung mendatangani tanpai melihat isi inilah pengalaman yang luarbiasa dari pak ukim dan terus lahir lahir karya karya beliau.


Penerbitan buku mempunyai  pos tahapan sebelum buku tersebut siap untuk di terbitkan, tahapan itu antara laian, setelah naskah dari penulis di sampaian penulis kepenerbit maka akan masuk pada tim editorial yang terdiri dari (Editor, Desainer, Ilustrator, Layouter) apakah tulisan itu layak atau tidak untuk diterbitkan, setelah proses editor lolos maka akan masuk pada tahapan desain oleh desainer buku termasuk didalamnya dalah sampul  buku, kemudian melalui tahapan illustrator, kemudian masuk ke layouter)


Naskah
Naskah adalah hasil karya yang menjadi tanggung jawab penulis dalam penerbitan sebuah buku. Seluruh kebutuhan naskah (gambar, foto, infografis, dll.) diatur oleh editor sebagai pengawal naskah, dan dibantu oleh desainer, ilustrator, serta layouter untuk menyelesaikannya. Naskah dapat dikirimkan melalui pos atau diantar langsung ke alamat Penerbit dengan mencantumkan genre tulisan pada amplop.

Editor
Tugas Editor secara garis besar sebagai berikut :
Mencari & menyeleksi naskah/penulis, mengawal naskah mentah hingga menjadi buku, melengkapi data administrasi penerbitan naskah, mencari gambar untuk melengkapi isi buku jika diperlukan, mengoordinasikan kebutuhan ilustrasi dan foto kepada desainer dan illustrator, bekerja sama dengan layouter untuk rancangan tata letak dan perubahan konten seiring koreksi, membantu proses promosi buku.

Desainer
Tugas Desainer dalam penerbitan buku anatra laian sebagai berikut :
Membuat sampul buku yang sesuai dengan isi buku dan menarik perhatian pembac, berkoordinasi dengan editor untuk kebutuhan desain seperti templat naskah, foto, infografis, dsb, membuat alat promosi penerbitan untuk buku seperti flyer, brosur, dan lain-lain.
Ilustrator
Ilustrator mempunyai tugas sebagai berikut :
Membuat gambar sesuai dengan kebutuhan isi buku, Gambar harus bagus dan menarik

Layouter
Tugas tugas Layouter sebagai berikut :
Menyatukan tulisan dan gambar dalam halaman buku sehingga enak untuk dibaca, berkoordinasi dengan editor untuk setiap koreksi dan perubahan-perubahannya, menyiapkan segala kebutuhan berkas-berkas digital yang diperlukan oleh bagian percetakan.
Hal hal yang menjadi pertimbangankenapa sebuah tulisan aatu karya buku di tolak penerbit kareana bebrapa hal antara laian :
1.    Kurang nilai ekonomisnya
2.    Materi/Judul tidak sesuai dengan fokus bisnis Penerbit
3.    Sudah ada buku sejenis di Penerbit
4.    Penulis tampak kurang menguasai materi
5.    Penulis tampak tidak mampu menuangkan idenya dengan baik, sekalipun penulis menguasai materi.
6.    Penuhnya kapasitas produksi Penerbit (masuk dalam penundaan terbit)





Sistem kerjasama antara penulis dan penerbit

Tidak ada komentar: